Silabus Ilmu Pendidikan

SILABUS

A. Mata Kuliah :
Nama : Ilmu Pendidikan
Jumlah sks : 2 sks
Semester : II
Program Studi : Pendidikan Bahasa Arab
Program : S1

B. Kompetensi Mata Kuliah
Mahasiswa memiliki kemampuan menguasai teori-teori dan konsep-konsep pendidikan yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan di masyarakat serta mampu mengembangkan pendidikan yang antisipatif terhadap berbagai perubahan yang sedang dan akan terjadi sesuai dengan perkembangan global.

C. Indikator Hasil Belajar:
Selesai menempuh perkuliahan mahasiswa diharapkan:
1. Dapat menjelaskan pengertian dan hakekat pendidikan;
2. Dapat menjelaskan pendidikan sebagai ilmu
3. Dapat menjelaskan dasar-dasar dan tujuan pendidikan;
4. Dapat mengembangkan pendidikan sebagai sistem;
5. Dapat membentuk dan mengembangkan berbagai pendekatan dalam pendidikan;
6. Dapat menjelaskan pusat-pusat pendidikan (keluarga, masyarakat, dan sekolah)
7. Dapat menjelaskan beberapa konsep pendidikan dan aliran-aliran dalam pendidikan.

D. Rincian Topik Mata Kuliah
1. Pengertian dan hakekat pendidikan
2. Pendidikan sebagai ilmu
3. Dasar, tujuan, dan fungsi pendidikan
4. Pendidikan sebagai system
5. Faktor-faktor pendidikan
6. Pembawaan dan Lingkungan dalam Pendidikan
7. Taksonomi pendidikan
8. Pusat-pusat dan lembaga pendidikan
9. Pendidikan Paradigmatik/aliran-aliran dalam pendidikan
10. Demokrasi pendidikan
11. Inovasi Pendidikan
12. Pendidikan transformatif

1) Strategi Pembelajaran dan metode : Ceramah, Tanya jawab dibantu media; diskusi kelas; penyajian materi dan diskusi serta pemecahan masalah;
2) Tugas : Menyusun makalah (individu dan kelompok)
3) Media : LCD.

E. Evaluasi
1) Kehadiran
2) Penyajian materi dan diskusi
3) UTS
4) Makalah
5) UAS

F. Buku Rujukan

1. Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2007
2. Amir D. Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan
3. Crow And Crow, Pengantar Ilmu Pendidikan
4. Made Pidarta, Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta, 2007
5. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2007
6. Endang Sunarya, Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem
7. Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
8. H.A.R. Tilaar, Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002
9. Mochtar Buchori, Pendidikan Antisipatoris, Kanisius, Yogyakarta, 2001
10. Suyanto dan Djihad Hisyam, Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, Adi Cita, Yogyakarta, 2000
11. Mansour Fakih, dkk., Pendidikan Popular : Membangun Kesadaran Kritis, Insist, Yogyakarta, 2001
12. William F. O’neil, Ideologi-ideologi pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002

About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.